Pelatihan Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional Dilaksanakan oleh Jurnal Al Daulah

  • 00 0000
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Makassar, 21 November 2019, bertempat di Hotel Grand Asia, Pengelola Jurnal Al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan (Terakreditasi Sinta 3) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar menggelar pelatihan penguatan kemampuan penulisan untuk jurnal nasional dan internasional bereputasi.

Pelatihan tersebut diselenggarakan sebagai upaya dari pihak pengelola jurnal Al-Daulah untuk memfasilitasi para dosen dalam meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah berbasis jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional bereputasi.

Managing Editor Jurnal Al-Daulah, Subehan Khalik mengatakan bahwa animo dari sivitas akademika khususnya para dosen lintas fakultas di UIN Alauddin Makassar, cukup tinggi untuk memanfaatkan kegiatan seperti ini. “Untuk merespon animo tersebut, kami berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan serupa secara berkelanjutan,” ujarnya.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara yang berkompeten seperti Prof. Dr. Irwansyah, M.H (Unhas), Prof. Muslimin Kara, Prof. Dr. Yaumi (UIN Alauddin Makassar), dan Prof. Dr. Idham (UNM). Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin, Dr. Muammar Muhammad Bakry, Lc., M.Ag. dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh pengelola Jurnal Al-Daulah. Ia dan berharap kegiatan ini akan berimplikasi pada meningkatnya publikasi karya ilmiah dari para dosen yang pada akhirnya akan berkontribusi nyata pada kemajuan institusi.

“Menulis itu merupakan perwujudan dari perintah Al-Qu’ran, perintah membaca dalam salah satu Ayat Al-Qur’an jangan dimaknai hanya sebatas membaca, tetapi hasil bacaan tersebut seyogyanya dituangkan dalam tulisan,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Dr. Nila Sastrawati, M. Si selaku Editorial in Chief Jurnal Al Daulah yang mulai menerbitkan Jurnal Al Daulah sejak 7 (tujuh) tahun lalu berharap agar kegiatan seperti ini berlangsung dengan baik dan bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.