Memperkuat Perlindungan Hak Buruh, HTN Gelar Penyuluhan Hukum Ketenagakerjaan

  • 29 Januari 2021
  • 03:17 WITA
  • Administrator
  • Berita

Maros,- Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan penyuluhan hukum mengenai ketenagakerjaan dari perspektif  hukum positif dan hukum Islam, pada rabu (28/01/21) di Kabupaten Maros.

Penyuluhan hukum tersebut merupakan bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sekaligus sebagai tindak lanjut dari MoU antara Prodi Hukum Tata Negara dengan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Cabang Kabupaten Maros. Kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua Prodi Hukum Tata Negara, Dr. Kurniati didampingi oleh Sekretaris Prodi dan beberapa dosen, serta Ketua dan pengurus KSPSI Cabang Maros dan puluhan buruh.

Dr. Kurniati membahas persoalan ketenagakerjaan dari perspektif hukum Islam, “Islam sebagai agama yang sempurna juga membahas persoalan hak-hak tenaga kerja, misalnya larangan berbuat atau melakukan kekerasan terhadap pekerja, keharusan membayar upah sebelum keringat pekerja kering”. Ketentuan-ketentuan tersebut dapat dijumpai dalam Hadist. Paparnya.

Sementara Hisbullah, S.H,. M.H. yang juga menjadi salah satu pembicara, menekankan pentingnya peran Serikat Pekerja dalam memperjuangkan hak-hak pekerja, “memperjuangkan hak-hak konstitusional bisa saja berbeda hasilnya jika diperjuangkan secara bersama-sama dan terorganisir melalui organisasi buruh seperti KSPSI”. Sejalan dengan itu, Sadikin Sahir, Sekretaris KSPSI Cabang Maros menyampaikan apresiasi serta berharap agar kedepannya lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama-sama antara Prodi Hukum Tata Negara UINAM dengan KSPSI Kabupaten Maros.